Pages

Friday, August 2, 2013

TIPS MERENCANAKAN PROYEK RENOVASI

TIPS MERENCANAKAN PROYEK RENOVASI


Berikut ini tips mudah dalam merencanakan proyek renovasi rumah anda. Renovasi rumah biasanya dilakukan untuk memperbaiki rumah yang sudah tua atau beberapa bagian rumah yang bermasalah , bisa juga ingin menyesuaikan dengan tren bangunan rumah saat ini.
Jika anda ingin melakukan pekerjaan renovasi rumah sendiri , tentunya anda harus mempelajari tentang manajemen pengaturan biaya dan pengaturan waktu kerja , sehingga anda dapat menghemat biaya dalam hal ini untuk pembelian bahan material dan upah kerja bagi mandor / tukang bangunan. Serta perhatikan juga tentang jangka waktu pekerjaan yang harus diselesaikan.
Jika anda ingin lebih mudah lagi adalah dengan memanggil jasa renovasi rumah yang sudah berpengalaman untuk mengerjakan proyek renovasi rumah tersebut. Anda tinggal memperhatikan beberapa point – point penting berikut ini :


1.Survey Lokasi
Pihak jasa renovasi rumah akan melakukan survey lokasi melihat rumah anda tersebut , mencatat apa saja pekerjaan – pekerjaan yang harus dilakukan secara detail dan terencana.

2.Penghitungan Biaya
Pihak jasa renovasi rumah akan menghitung bahan material apa saja yang dibutuhkan dan keseluruhan biaya renovasinya, anda bisa melakukan check ke beberapa toko material tentang harga bangunan yang dibutuhkan kemudian melakukan perbandingan / komparasi , jika harga yang ditawarkan oleh pihak jasa renovasi tersebut wajar , maka sinyal bahwa mereka telah berpengalaman dan update harga di pasaran juga.  Begitu kedua belah pihak sepakat , maka dilakukan kontrak kerja secara tertulis.

3. Pelaksanaan Kerja
Waktu pelaksanaan dan jangka waktu penyelesaian harus disepakati bersama agar semuanya berjalan lancar , untuk itu pihak klien diharapkan konsisten dalam hal pemilihan desain , pemilihan bahan material dan kelancaran dalam hal pembayaran. Jika salah satu berubah , maka akan mempengaruhi yang lain terutama biaya dan proses lamanya pekerjaan.

4. Serah Terima
Begitu pekerjaan selesai , kedua belah pihak harus melakukan check bersama – sama sebelum serah terima kunci / pekerjaan , disini diharapkan semuanya selesai dengan rasa puas , jika masih ada yang terlewatkan harus diselesaikan, jika memang sudah lengkap semua , pihak klien juga harus menyelesaikan semua pembayaran / kewajibannya.


Mudah kan ? demikian tips singkat kami semoga bermanfaat. Selamat me – renovasi rumah anda.

0 comments:

Post a Comment